Sabtu, 09 Februari 2013

Komunikasi Interpersonal Yang Tidak Efektif

Kita tahu bahwa komunikasi yang efektif itu merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan, dan pesan tersebut dapat di mengerti dengan baik oleh komunikan sehingga menimbulkan feed back (timbal balik). antara komunikator dan komunikan itu sendiri.

Komunikasi yang efektif atau pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan baik itu melalui media atau bersifat langsung, intinya mudah dimengerti dan dipahami dari apa yang di sampaikan oleh komunikator kepada komunikan, itulah yang dikatan komunikasi yang efektif. 

Menurut para ahli, komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang hasilnya sesuai dengan harapan para pesertanya (orang-orang yang sedang berkomunikasi).
Misalnya, penjual yang datang ke rumah untuk mempromosikan barang dianggap telah melakukan komunikasi efektif bila akhirnya tuan rumah membeli barang yang ia tawarkan, sesuai dengan yang diharapkan penjual itu, dan tuan rumah pun merasa puas dengan barang yang dibelinya (Mulyana, 2007).

Kata kunci komunikasi efektif merupakan sejauh mana komunikator mampu berorientasi kepada komunikannya. Berorientasi artinya melihat dan memahami tingkat akal budi (decoder dan interpreter) berikut peralatan jasmaniah (receiver) yang dimiliki komunikan; mengingat hal ini terkait dengan pemilihan bentuk pesan, makna pesan, struktur pesan, dan cara penyajian pesan, termasuk pula penentuan salura/ media yang harus dilakukan selaku komunikator (Vardiansyah, 2004).

Nah, di atas merupakan penjelasan singkat saya mengenai komunikasi yang efektif. Selanjutnya saya ingin memaparkar komunikasi yang tidak efektif, tentunya sudah tahukan, karena bila komunikasi yang efektif informasi/ pesan yang mudah dimengerti, pastinya komunikasi yang tidak efektif informasi/ pesan kebalikan dari pada itu. Selanjutnya saya akan memaparkan sekilas alat-alat komunikasi yang dapat memudahkan kita dalam proses komunikasi, baik itu berupa media cetak atau media elektronik. Namun dalam hal ini saya sebatas menjelaskan alat komunikasi yang sering kita gunakan sehari-hari misalnya Komputer, Mobile Phone.

Tanpa kita sadari,  ke dua alat komunikasi tersebut sering kita gunakan, baik itu sebatas mencari informasi seperti menggunakan komputer/ laptop maupun seperti mobile phone/ HP, yang sering kita gunakan untuk SMS atau Telpon. Nah, disini jelas mudah terdapat komunikasi interpersonal yang tidak efektf. Sering terjadi biasanya bagi pengguna Mobile Phone, khususnya pengguna SMS, kenapa.....? karena pesan yang disampaikan oleh komunikator melalui SMS belum tentu dimengerti dan dipahami dengan jelas apa yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan itu sendiri. Begitu juga dengan pesan yang disamapaikan oleh komunikator kepada komunikan lewat via Online misalnya seperti Chatting.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa komunikasi yang efektif yakni, pesan yang mudah dimengerti dan dipahami oleh khalayah atau komunikan, namun dengan menggunakan via online seperti chatting atau menggunakan mobile phone seperti via SMS belum tentu komunikasi itu efektif. Sebab apa yang kita sampaikan seperti pesan singkat via SMS belum tentu dipahami dan dimengerti seperti apa yang ada dihati kita. Kenapa saya katakan demikian? Saya alumni Ilmu Komunikasi Fisip Unsyiah, yang sudah memahami komunikasi interpersonal itu sendiri, selain saya Sarjana Ilmu Komunikasi, juga pernah meneliti tentang Hubungan Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Semangat Kerja pada PT. LSM.

Nah, apa hubungannya dengan komunikasi interpersonal yang tidak efektif? penjelasan singkat tadi mengenai penelitian dan sekilas profil saya hanyalah perkenalan saya saja hehehe... dan yang ingin saya paparkan masalah komunikasi interpersonal yang tidak efektif hanyalah bagi pengguna SMS dan Chatting saja, mungkin tidak semua namun ada sebagian saja yang kurang jeli memahami pesan singkat dari komunikatornya saja. Dan saya sebagai penulis juga pernah mengalami hal demikian yakni pesan singkat via SMS namun salah dipahami oleh kawan saya sendiri, sehingga terjadilah komunikasi interpersonal yang tidak efektif antara saya dengan kawan saya sendiri.

Saya maklum, kenapa kawan saya salah persepsi terhadap SMS saya, mungkin kawan saya itu lagi tertekan atau memang lagi ada masalah sendiri, sehingga ketika saya katakan "Jujur saja dan logika saja" sehingga kawan saya langsung to the point terhadap suatu masalah, yang tidak perlu dibahas namun sudah terungkap, walaupun hanya saya yang tahu tentang apa yang kawan saya sampaikan terhadap saya. Tapi itu lah masalah yang ingin saya paparkan mengenai komunikasi interpersonal yang tidak efektif melalui via SMS dan juga Chatting.

Salam Kenal: 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar