Monday, January 28, 2013

Belajar dari kegagalan


Kegagalan itu hanyalah proses dari apa yang diinginkan guna untuk mencapai kesuksesan. Tidak ada kesuksesan kalau kegagalan itu belum dilalui. Semua orang pasti pernah merasakan kegagalan, baik itu dalam hal ikut tes kerja maupun gagal dalam perlombaan. Kesuksesan merupakan suatu hal yang dicapai semua orang, dan kegagalan juga pernah dirasakan oleh semua orang.

Nah, selanjutnya bagaimana cara mencapai kepuncak kesuksesan sebagaimana yang diinginkan. Sebenarnya kesuksesan itu ada ditangan kita, tinggal bagaimana cara untuk mencapai kepuncak kesuksesan itu. Sebelum mendapat kesuksesan, kita pasti pernah mengalami kegagalan, nah kegagalan yang pernah kita alami menjadi pengalaman dalam hidup kita, sehingga kegagalan tersebut tidak pernah terulang lagi, dan bisa menjadi pelajaran bagi diri kita sendiri.

Belajar dari kegagalan merupakan orang yang akan sukses nantinya, karena selain dia suka menulis juga suka membaca apa-apa saja yang belum diketahuinya. Tipe orang yang suka membaca pastinya termasuk ke orang-orang yang cerdas, walaupun hanya segelintir orang saja. Gagal dalam hal mencapai kesuksesan bukan bearti dia tidak mampu, namun belum mendapatkan apa yang ingin dicapainya.

Kegagalan itu juga bisa dikatakan sifat kelemahan orang, kenapa demikian. Karena bicara masalah kegagalan pasti ada tahap-tahap yang harus ditempuh sehingga ada suatu hal yang membuat kita kurang memahami, dan pastinya nilai atau hasil dari apa yang kita kerjakan berkurang. Nah, menurut saya yang sudah pernah merasa gagal dalam proses pencapaian kesuksesan, jangan mudah patah semangat ketika kita ingin menjadi orang yang sukses. 

Belajarlah dari apa yang membuat kita gagal, jangan menyendiri ketika kita gagal, apa lagi kegagalan itu menjadi masalah besar dalam hidup kita.
Tidak ada salahnya ketika kita gagal, bercerita kepada orang terdekat, baik itu sebatas share dengan kawan atau dengan orang yang bisa kita percaya atau belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Selanjutnya jangan pernah masalah itu didiamin sehingga masalah tersebut menjadi bumerang. Belajar dari kegagalan itu perlu bila mana kita lagi mencari jati diri, karena sebelum kita dapatkan hal itu, kita pasti mengambang, dalam arti kata belum tahu apa yang harus kita kerjakan nantinya.


EmoticonEmoticon