Tuesday, July 28, 2015

Mengenal Bisnis Komoditi

Commodity / Komoditi
Komoditi dapat diartikan sebagai sesuatu yang bersubstansi fisik, seperti hasil pertanian dan hasil pertambangan. Dimana investor atau trader dapat melakukan pembelian atau penjualan baik melalui pasar futures maupun spot. Instrumen ini merupakan salah satu dari sebagian kecil instrumen investasi, dimana partisipan yang memiliki modal kecil dapat terlibat dan meraup keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat.

Komoditi atau trading komoditi selalu menjadi instrumen primadona bagi kebanyakan manajer investasi global. Secara otomatis perputaran modal yang terjadi di pasar komoditi cukup bersaing. Akan tetapi, komoditi sebagai lahan trading memiliki reputasi tinggi dalam tingkat resiko, khususnya bagi kalangan investor individu. Pada kenyataannya, resiko trading dalam pasar komoditi tidak akan lebih dari resiko yang sudah Anda tentukan sendiri. Selebihnya adalah masalah resiko pergerakan harga, yang cenderung sama dengan resiko pergerakan harga aset yang lain seperti saham atau obligasi.


Yang perlu Anda lakukan adalah mengenali dan memonitor faktor yang menggerakkan harga, seperti pajak, inflasi, suku bunga, cuaca, transportasi dan biaya teknologi, yang masing-masing memiliki perbedaan efek terhadap setiap komoditi. Secara umum komoditi terbagi dua, yang pertama komoditi keras yang umumnya adalah hasil pertambangan seperti emas, perak, minyak, dan komoditi lain yang memiliki keterbatasan sumber di bumi dan pada umumnya memerlukan sumber daya dan dana tinggi untuk memperolehnya. Yang kedua adalah komoditi lunak yang merupakan hasil pertanian seperti gula, coklat, kopi dan lain-lain.

Karena banyaknya jenis komoditi yang diperdagangkan di pasar dunia, fokus kita pada buku ini hanya dibatasi pada sebagian dari komoditi keras seperti emas, perak dan minyak. Ketiga instrumen tersebut dapat diperdagangkan pada pasar spot, futures atau option, pada umumnya sudah berbentuk kontrak yang dapat diperjualbelikan dengan lebih mudah.


EmoticonEmoticon